Pilihlah jawaban yang tepat dari pertanyaan dibawah ini !
1. Untuk mengubah jenis dan ukuran huruf, perintahnya adalah :
a. View – Font
b. Format – Patern
c. Format – Cell – Font
d. Format – Cell –Colour
2. Perpotongan antara kolom dan baris merupakan pegertian dari:
a. Sel
b. Range
c. Drag
d. Contents
3. Banyaknya baris yang disediakan oleh lembar kerja Ms. Excel 2003 adalah :
a. 65555
b. 65536
c. 65365
d. 65563
4. Jika rumus =B4*D6 disel A5 kita copy ke sel B10, maka rumus-rumus di sel B10 akan menjadi :
a. =C11*E9
b. =C9*E11
c. =B9*D11
d. =B11*D9
5. Untuk menghitung nilai rata-rata dari suatu range, gunakan perintah :
a. =MAX
b. =AVG
c. =AVERAGE
d. =MIN
6. Untuk melebarkan kolom pada lembar kerja, perintahnya adalah :
a. Edit-Coloumn-Width
b. Format-Width
c. Format –Column-Width
d. Edit-Style-Column Width
7. Jenis data numeric adalah data yang berupa angka, secara default MS.EXEL akan meletakkan data numeric :
a. Rapat kiri
b. Rapat Tengah
c. Rapat Kanan
d. Justify
8. Contoh lain software jenis spreadsheet selain MS.EXEL :
a. Ms. Word
b. Ms. Power Point
c. Lotus 123
d. Visual Basic
9. Apabila sebuah sel terlihat seperti ######### , itu berarti :
a. Terjadi penekanan tombol # berulang-ulang
b. Terjadi kesalahan data
c. Penulisan rumus salah
d. Lebar sel tidak cukup
10. Tempat untuk memasukkan data ke lembar kerja adalah :
a. Menu Bar
b. Formula Bar
c. Toll Bar
d. Title Bar
11. Icon fungsinya untuk melakukan perintah :
a. Paste
b. Copy
c. Cut
d. Move
12. Lebar kerja exel 2003 mempunyai nama kolom terakhir :
a. IV
b. IM
c. AZ
d. ZA
13. Fungsi yang berguna untuk menghitung nilai yang paling kecil dari banyaknya data :
a. MAX
b. MIN
c. AVERAGE
d. COUNT
14. Untuk memberikan arsiran/patern pada lembar kerja, perintahnya adalah :
a. View>Patern
b. View>Color
c. Format>Cell>Patern
d. Style>Cell>Colour
15. Dalam Excel, semua data diolah dan disimpan dalam sebuah buku kerja (Workbook/file). Setiap buku kerja minimal terdiri dari satu lembar kerja (Worksheet) dan makximum …
a. 525 lembar kerja
b. 255 lembar kerja
c. 252 lembar kerja
d. 552 lembar kerja
16. , icon ini mempunyai nama …
a. Cells and Merge
b. Merge and Cells
c. Merge and Center
d. Center and Merge
17. Pada MS. Excel 2003, jika kita menyimpan file maka file tersebut berakhiran …
a. .BAS
b. . WK4
c. .DOC
d. .XLS
18. Penulisan fungsi IF yang benar adalah :
a. =IF(A1>B1,IF(A2=>B2,A1-B1,A1+B1),A2-B2))
b. =IF(A1>B1,IF(A2>=B2,A1-B1,A1+B1,A2-B2))
c. =IF(A1>B1,IF(A2>=B2,A1-B1,A1+B1,A2-B2)
d. =IF(A1>B1,IF(A2=>B2,A1-B1,A1+B1),A2-B2)
19. Di sel A1 berisi angka 3, pada sel B1 kita tuliskan sebuah formula :
=IF(A1=1,"Direktur",IF(A1=2,"Sekretaris","Staff")), maka pada sel B1 berisi
a. Direktur
b. Sekretaris
c. Staff
d. ERR
20. =IF (A1>60,”Lulus”,”Gagal”) maksudnya adalah …
a. Jika isi sel A1 = 60, maka diberikan keterangan Lulus
b. Jika isi sel A1 = 60, maka diberikan keterangan Gagal
c. Jika isi sel A1 > 60, maka diberikan keterangan Lulus
d. Jika isi sel A1 >= 60, maka diberikan keterangan Lulus
21. , Penggunaan tombol tersebut sama fungsinya dengan :
a. Menuliskan rumus
b. Label (text) dicoret
c. Menekan tombol Enter
d. Memunculkan rumus secara otomatis
22. MS. Excel termasuk kedalam katagori program :
a. Data Base
b. Word Processor
c. Accounting
d. Spreadsheet
23. Kotak sel yang dapat dipindah-pindahkan adalah …
a. Pointer
b. Drag
c. Sel
d. box sel
24. Perintah paste dapat dilakukan dari menu toolbar dan bisa juga dengan perintah lain, yaitu :
a. Ctrl –V
b. Ctrl – P
c. Ctrl –X
d. Ctrl - C
25. Saat kita mengetik pada formula bar, maka otomatis akan muncul tanda/icon , icon tersebut fungsinya sama dengan …
a. Move
b. Cancel
c. Paste
d. Cut
26. , fungsinya sama dengan …
a. SUM
b. AVERAGE
c. MIN
d. MAX
27. Dengan menekan tombol [Home] pada saat kita bekerja dengan MS. Excel, maka pointer akan berpindah ke :
a. Sudut kanan atas dari lembar kerja
b. Sudut kanan bawah dari lembar kerja
c. Sel paling kiri
d. Berpindah ke sel A1
28. Munculnya tulisan #Name? pada suatu sel adalah …
a. Input Nama
b. Kesalahan rumus
c. Sel-nya kurang lebar
d. Sel-nya terlalu lebar
29. Jenis data Alphabetic adalah data yang berupa teks, secara default MS.EXEL akan meletakkan data teks :
a. Rapat kiri
b. Rapat Tengah
c. Rapat Kanan
d. Justify
30. Pada lembar kerja Excel 2003 ada yang dinamakan garis pembantu atau gridlines, untuk menampilkan dan menyembunyikan gridlines ini dapat kita lakukan melalu menu ..
a. Format > Cells
b. Format>Conditional Formating
c. Tools > Customize
d. Tools > Option
31. Untuk menampilkan banyaknya lembar kerja/Sheet, dilakukan melalui menu …
a. Format > Cells
b. Format>Conditional Formating
c. Tools > Customize
d. Tools > Option
32. Pointer yang kita gerakkan di lembar kerja, dapat kita ketahui melalui baris menu …
a. Formula bar
b. Tool bar
c. Menu bar
d. Status bar
33. Untuk menutup lembar kerja pada excel perintahnya adalah …
a. File > Close
b. File > Exit
c. Edit > Close
d. Edit > Exit
34. Jika di sel A1 kita masukkan angka 1 (Numeric), lalu kita masukkan rumus di B1 :
=If (A1=”1”,”1”,if(A1=”2”,”2”,”3”)), maka yang keluar pada sel B1 adalah …
a. 1
b. 2
c. 3
d. Error
35. Dibawah ini perintah untuk memberikan tanda Rupiah (Rp), kecuali :
a. General
b. Currency
c. Accounting
d. Custom
36. Untuk mengetengah judul (terdiri beberapa sel) dapat dilakukan dengan perintah :
a. Justify
b. Center
c. Merge Sel
d. Center Across Selection
37. Jika di sel A1= 3, A2 = 5, A3 = 6 dan A4 = 3, maka cara menuliskan formula atau rumus untuk mencari nilai maximum di sel A5 perintahnya adalah …
a. 6
b. 3
c. =MAXIMUM(A1:A4)
d. = MAX(A1:A4)
38. Lihat soal 37, jika kita masukkan rumus di sel A5 = MINIMUM(A1:A4), maka yang keluar adalah …
a. 3
b. 6
c. Error
d. #NAME?
39. Perintah untuk menghapus baris adalah …
a. Edit >Delete
b. Format >Delete
c. File > Delete
d. Format > Cells
40. Isikan pada sel A8, A9, A10, berturut-turut 12, 23, 34. Kemudian pada sel A11
ketikkan = A8+A9+A10, maka hasilnya adalah …
a. #NAME?
b. Error
c. 69
d. ########
--- Selamat bekerja ---
Tidak ada komentar:
Posting Komentar