Senin, 05 April 2010

MAIL MERGE (Surat Gabung)


Mail Merge dengan Ms. Word 2003

Menggabungkan data dengan ke dokumen standar untuk menghasilkan dokumen surat massal.  Untuk membuat surat ke banyak orang dari suatu database tertentu ini digunakan fasilitas Mail Merge dilakukan dengan cara :

  • Main Document, surat yang isinya sama untuk tujuan ke banyak orang
  • Data Source, data yang bakal menerima surat
  • Merge the data with the document, penggabungan Main Document dengan Data Source

Untuk membuat mail merge dapat dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :

 1.      Salin contoh surat dibawah ini :

 

SMA ABC
Jl. Bojong  Enyod No. 4, Bogor
16810
===========================================================================================

No :  02/BK/09
Hal :  Panggilan Bimbingan Konseling

Kepada :
Ujang
Di
Cimahpar Rt. 01/02.

Dengan hormat,

Bersama surat ini kami mengundang Bapak/Ibu dari …………kelas …., untuk bisa datang ke SMA ABC untuk membicarakan perihal kemajuan belajar, pada :

      Hari      : Sabtu, 20 Juni 2009
      Jam      : 08.00 WIB

Demikian surat dibuat untuk diperhatikan.  Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih

                                                                 

                                                                              Bogor, 10 Juni 2009

 

                                                                              Zaeunudin                
                                                                              Bimbingan Konseling

 

2.      Simpan dengan nama file UNDANG.DOC

3.      Buat dokumen seperti dibawah ini :

No

Nama_Ortu

Alamat

Nama_Siswa

Kelas

1

Ujang

Cimahpar Rt. 01/02

Tita

XI IPA 1

2

Asik

Bogor Baru No. 5

Jaya

XI IPA 1

3

Sudarto

Cibinong  Km. 40 No. 9

Indah

XI IPS 2

4

Randi

Puri Nirmala Blok A/10

Anggi

XI IPS 2

5

Maman

Citeureup Indah Jl. Dahlia No. 4

Eman

XI IPS 2

4.      Simpan dengan nama DATAUNDANG.DOC

5.      Aktifkan file UNDANG.DOC

6.      Tempatkan kursor pada isian dibawah teks Kepada

image

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7.      Aktifkan Mail Merge dengan cara sebagai berikut :

  • Pilih menu View, Toolbar, Mail Merge
  • Pilih Open Data Source

clip_image004

 

 


  • Buka file DATA UNDANG.DOC
  • Jika anda berhasil membuka, maka toolbar Mail Merge berubah dengan mengaktifkan Insert Merge Field seperti berikut :

image

 

 


  • Jika toolbar diatas, maka akan ditampilkan dialog Insert Merge Field seperti dibawah ini  :

clip_image008

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Pilih Field Nama_Ortu untuk disisipkan, pilih tombol Insert

image

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Lanjutkan dengan cara yang sama untuk mengisi field Alamat, Nama_Siswa  dan Kelas
  • Keterangan lain dari beberapa pilihan toolbar dari Mail Merge, dapat dilihat berikut ini :

image

 

 

 

 

 


  • Jika anda memilih View Merge Data clip_image014, maka tampilan suratnya seperti dibawah ini :

 

 

 

 

 

 

 


image

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Catatan : Proses mail merge diatas menggunakan Ms. Word 2003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar